Hariku Bersama Prelo

Hariku Bersama Prelo
Hariku Bersama Prelo-Ramadhan kali ini aku sangat senang sekali sebab keponakanku yang jauh-jauh datang dari batam ikut puasa ramadhan di rumahku.

Keponakanku itu baru berumur 10 tahun namun pinternya luar biasa dan selalu bikin gemes dialah Prelo keponakan yang paling aku sayang.

Ramadhan memang selalu menjadi berkah buat siapa saja tak terkecuali keluarga besarku sebab dengan ramadhan kami semua bisa berkumpul di rumah besar maksudnya rumah awal kami lahir semua.
Nah kali ini saya mau menshare awal mula diperintahkannya ramadhan dan berikut selengkapnya.

Kewajiban puasa ramadhan telah ada di dalam syariat umat-umat sebelum umat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sebagaimana jelas di dalam ayat: Kewajiban puasa ramadhan telah ada di dalam syariat umat-umat sebelum umat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sebagaimana jelas di dalam ayat:
  يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Artinya: Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang orang sebelum kalian agar kalian bertakwa QS.Al-Baqoroh 183.

Sebagian salaf mengatakan bahwa yang dimaksud dengan orang-orang sebelum kita adalah orang nashrani sebagian lain mengatakan bahwa yang dimaksud adalah ahlul kitab sebagian yang lain mengatakan bahwa mereka adalah semua manusia sebelum kita mereka dahulu berpuasa Ramadhan penuh.Lihat atsar-atsar mereka di dalam Tafsir Ath-Thabary ketika menafsirkan ayat yang mulia ini Hariku Bersama Prelo.

Kemudian Ath-Thabary menguatkan bahwa pendapat yang paling dekat adalah yang mengatakan bahwa mereka adalah ahlul kitab dan beliau mengatakan bahwa syariat puasa satu bulan penuh di bulan Ramadhan adalah ajaran Nabi Ibrahim yang Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan ummatnya diperintahkan untuk mengikutinya.

Adapun kewajiban puasa Ramadhan bagi ummat Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam maka datang melalui 2 tahapan yaitu:

A. Takhyiir atau Pilihan.
Puasa Ramadhan saat pertama kali diwajibkan seorang muslim yang mampu berpuasa diberi 2 pilihan berpuasa atau memberi makan satu orang miskin akan tetapi puasa lebih diutamakan dan dianjurkan.Berdasarkan firman Allah ta aalaa yang berbunyi:

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ  أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ
Artinya: Hai orang orang yang beriman diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa.Yaitu dalam beberapa hari yang tertentu.Maka barangsiapa diantara kalian ada yang sakit atau dalam perjalanan lalu dia berbuka.Maka wajiblah baginya berpuasa sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari hari yang lain.Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya jika mereka tidak berpuasa membayar fidyah yaitu memberi makan seorang miskin.

Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan maka itulah yang lebih baik baginya dan berpuasa lebih baik bagimu jika kalian mengetahui QS.Al-Baqoroh 183-184.
Salamah bin Akwa berkata:
كُنَّا فِى رَمَضَانَ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- مَنْ شَاءَ صَامَ وَمَنْ شَاءَ أَفْطَرَ فَافْتَدَى بِطَعَامِ مِسْكِينٍ حَتَّى أُنْزِلَتْ هَذِهِ الآيَةُ (فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْه)
Dahulu kami ketika di bulan Ramadhan pada zaman Rasulullah shallallahu alaihiwasallam barangsiapa yang ingin berpuasa maka boleh berpuasa dan barangsiapa yang ingin berbuka maka dia memberi makan seorang miskin hingga turun ayat Allah yang artinya:Barangsiapa yang mendapati bulan ramadhan maka dia wajib berpuasa HR.Bukhari 4507 Muslim 1145.

B. Ilzaam atau Pengharusan.
Dalam fase ini maka seorang muslim yang terpenuhi syarat wajib puasa harus berpuasa dan tidak ada pilihan lain Allah ta aalaa berfirman (فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْه) Artinya: Barangsiapa yang mendapati bulan ramadhan maka dia wajib berpuasa. Pada awalnya orang yang tidur sebelum makan berbuka puasa atau sudah menunaikan shalat isya maka dia tidak boleh makan minum dan berjima hingga hari berikutnya.

Kemudian Allah ta'alaa memberikan keringanan dan membolehkan makan minum dan mendatangi istri pada malam hari penuh di bulan Ramadhan. Allah ta aalaa berfirman:
أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَى نِسَائِكُمْ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ عَلِمَ اللَّهُ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُونَ أَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ فَالْآَنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ [البقرة/
Artinya: Dihalalkan bagi kalian pada malam hari bulan puasa bercampur dengan istri-istri kamu Mereka itu adalah pakaian bagi kalian dan kalian pun adalah pakaian bagi mereka Allah mengetahui bahwasanya kalian mengkhianati diri kalian sendiri yaitu tidak dapat menahan nafsu kalian karena itu Allah mengampuni kalian dan memberi maaf kepada kalian.

Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah untuk kalian dan makan minumlah hingga terang bagi kalian benang putih dari benang hitam yaitu fajar.Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai malam QS.Al-Baqoroh 187.

Demikianlah puasa diwajibkan terakhir kali dan tetap demikian hingga hari kiamat.Lihat keterangan Ibnul Qoyyim dalam Zaadul Ma'aad 2-30.

Kapan Puasa Ramadhan Diwajibkan.
Imam Ibnul Qoyyim rahimahulloh mengatakan:Tatkala menundukkan jiwa dari perkara yang disenangi termasuk perkara yang sulit dan berat maka kewajiban puasa Ramadhan tertunda hingga setengah perjalanan Islam setelah hijrah.Ketika jiwa manusia sudah mapan dalam masalah tauhid sholat dan perintah-perintah dalam al-Qur an maka kewajiban puasa Ramadhan mulai diberlakukan secara bertahap.Kewajiban puasa Ramadhan jatuh pada tahun kedua hijriah tatkala Rasulullah shollallohu alaihi wasallam wafat beliau sudah mengalami sembilan kali puasa Ramadhan Zaadul Ma'ad 2-29..

Demikianlah Hariku Bersama Prelo.
Source: Kementrian Agama Republik Indonesia.


Blog, Updated at: 10:26:00 PM

70 komentar:

  1. Tq àtas sharingnya ya.. Sgt bermanfaat

    ReplyDelete
  2. terima kasih atas perkongsian bermanfaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga atas ziarahnya..salam ukhuwah.

      Delete
  3. yang penting masih bisa menjalankan mas, dan juga melatih anak2 kita ikut berpuasa. itu saja komen saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inshaa Allah kang mudahan bisa full puasanya..

      Delete
  4. Tafsir QS.Al-Baqoroh 183, sangat menarik dan menambah pengetahuanku akan beberapa tafsir ahli. Dan aku juga punya kitab Ath-Thabary.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seandainya dekat mau juga nih saling sharing ya Kang..hahahyy

      Delete
    2. Bisa sekalian berbincang tentang dunia ngeblog.

      Delete
  5. makasih lohh sharing dan ilmu pengetahuannya... sumpah aku masih buta sama yang kaya beginia. masih dalam tahap belajar.

    semoga di Bulan penuh berkah ini kita bisa menjadi hamba yang lebih baik. Aminn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja Kang saya juga masih tahap belajar..hehhee

      Delete
  6. Rujukannya kece-kece nih. Ternyata ngebahas bersama ponakan sebagai pembuka saja, selebihnya ilmu, mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhee..cuman kangen berat sama ponakan saya Mba..hehee

      Delete
  7. Nambah ilmu lagi dan sembari belajar nih. Banyak hal yang di dapat saat blogwalking itu, termasuk main kesini :)
    Ramadhan Mubarak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa tunai puasanya ..aamiin.

      Delete
    2. Aamiin..
      Tetap semangat menjalankan puasa :)

      Delete
    3. Amiin..amiin ya robbal allamiin.

      Delete
  8. haduuh aku malah gagal fokus mang,, kirain teh si prelo nama prodak,,, hahahh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaaa...nama ponakan saya Kang yang semata wayang..hahaayy

      Delete
  9. isi dari kitab Ath-Thabary memang sangat makjleb bikin hati menjadi lebih lapang, tapi....sebagai keponakan saya merasa iri sebab ternyata hanya Prelo yang jadi kesayangannya....huh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasalahh..Prelo datang setahun sekali Kang...hahahyy

      Delete
  10. jadi kangen puasa bareng keluarga di kampung T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullilah..semoga bisa berkumpul ya Mba..Aamiin.

      Delete
  11. He..he..
    Bareng bersama keponakan memang asik, apalagi keponakannya lucu dan imut bikin gemes.

    Kebersamaan dibulan ramadhan memang terasa sempurna, karena selain mendapat perintah langsung dari Allah untuk berpuasa juga mendapat kebahagiaan dengan datangnya keponakan..he..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kangen banget kang sama dia..soalnya keponakan satu-satunya..hehe

      Delete
  12. Ilmu yang bermanfaat kang, kalau baca artikel di internet yang membahas mengenai masalah ramadhan serasa pesantren kilat gituh kang, ahi hi hi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengisi waktu luang Kang..sambil belajar kilat..hahahayy

      Delete
  13. Jadi kesimpulannya kewajiban berpuasa diberlakukan ketika jiwa manusia sudah mapan dalam masalah tauhid sholat dan perintah-perintah dalam al-Qur an maka kewajiban puasa Ramadhan mulai diberlakukan secara bertahap. Gitu ya mang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah..Kang..sebab puasa bukan hanya menahan haus dan lapar..hehee

      Delete
  14. Bulan puasa kali ini saya juga lebih bersemangat mas karena anak saya yang masih 6 tahun sudah mau ikutan puasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullilah..kalau si kecil sudah mulai diperkenalkan dengan PUASA..hehe

      Delete
  15. Ilmu yang sangat berguna bagi saya yang muslim dan masih cetek banget ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi saya Kang..masih dalam tahap belajar..hehee

      Delete
  16. Preload memang tau kebutuhan ketika Ramadhan dan lebaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mumpung ramadhan kali ya boss..hehe

      Delete
  17. Pembelajaran memang tak ada henti-hentinya. Ya, mungkin ini salah satu keunggulan para blogger. Selalu melek informasi dan banyak ilmu bermanfaat. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogger selalu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh penggunannya..hehe

      Delete
  18. selamat deh buat prelo 10 tahun sudah ikut puasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. PRELO alhamdullilah puasanya walau hanya sampai setengah hari yang penting sudah ditanamkan arti puasa..hhee

      Delete
  19. Hello dear friend.
    Good Thursday to you.
    Teb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Tebinfea..thanks for visit to my site..happy nice day 4U and family.

      Delete
  20. Salam buat Prelo ya. Selamat berpuasa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inshaa Allah disampaikan Ka Lina..hehee

      Delete
  21. Kata "hai orang-orang yg beriman" ini sungguh perintah sekalian sanjungan bagi orng yg beriman, karena hanya irg yg berimanlah yg mendpt perintah untuk melakukan ibadah shaum

    wallahuallam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan Allah SWT selalu mengingatkan pada yang BERIMAN bahwa Puasa itu mencegah kita dari perbuatan yang Munkar..Aamiin.

      Delete
    2. aamiin ya Allah

      semoga shaum dan ibadah kita mampu mendekatkan kita kepada ketaqwaan

      Delete
  22. semoga puasa menjadikan kita manusia yang lebih baik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Mba Retno..moga saja amal ibadah kita semuanya diterima Allah SWT..Aamiin.

      Delete
  23. http://shahiraharmy.blogspot.com/2017/06/segmen-jom-tambah-follower-blog-my.html jom tambah follower

    ReplyDelete
  24. Hello my dear friend.
    A good Monday and a great week.
    Teb.

    ReplyDelete
  25. doa yang kita panjatkan akan langsung terkabul di bulan yang penuh ampunan dan rahmat ini alhamdllah selal di berikan kesehatan dan di ijinkan mengikut bulan puasa kembali di tahun ini

    ReplyDelete
  26. Hello my friend.
    Pleasant Tuesday.
    Beautiful day.
    Teb.

    ReplyDelete
  27. It is always great to have a friend visit on my blog.
    Hugs from Brazil

    http://novajerusalemdecristo.blogspot.com.br/

    ReplyDelete
  28. Hello my friend.
    A pleasant day on Friday
    Teb.

    ReplyDelete
  29. Hello my dear friend.
    An excellent Sunday.
    Teb.

    ReplyDelete
  30. Hello my friend.
    A wonderful summer for you.
    Teb.

    ReplyDelete
  31. Hello my friend.
    A pleasant day on Friday
    Teb.

    ReplyDelete
  32. Puasa sudah tinggal sehari lagi. Rasanya kok cepet banget ya. 👍

    ReplyDelete

SEO Reports for seoblogger-google.blogspot.com Website Monitoring - InternetSupervision.com
seo checker

Artikel Seo Friendly