Cara Mengobati Penyakit Encok atau Sakit Pinggang

Cara Mengobati Sakit Pinggang
Cara Mengobati Sakit Encok.
Cara Mengobati Penyakit Encok atau Sakit Pinggang-Penyakit ini hampir diderita oleh semua kalangan baik tua atau pun muda dan itu juga sempat saya alami biasalahhhh seorang blogger kalau tidak sakit pinggang kaga keren eeuuy.

Coba pikir gimana kaga sakit encok duduk di muka komputer aja berjan-jam sambil browsing kaga tau arah dan tujuan..hahhaa.

Memang kalau kita sudah ada terindikasi sakit encok rasa-rasanya bangun pagi aja pingggang harus diputer-puter dulu sampai ada bunyi prookk..prook..prook.

Nah kali saya akan coba share cara mengatasi sakit pinggang atau sakit encok tersebut dan cara ini sudah pernah saya coba dan alhamdulillah sekarang untuk sakit pinggangnya gak berkurang dibanding kemaren dan berikut selengkapnya.

Penyebab Encok atau Sakit Pinggang.
Namun meskipun tergolong sebagai penyakit yang wajar dan umum jangan menyepelekan penyakit pinggang karena bisa menjadi awal penyakit berbahaya lainnya.Biasanya tanda dari penyakit ini adalah merasakan ketegangan otot pada saat melakukan aktivitas baik itu jenis aktivitas biasa atau juga aktivitas berat seperti mengangkat beban.

Nah berikut ini beberapa penyebab dari sakit pinggang yaitu:
Faktor usia mereka yang sudah tua tentunya berbeda dengan yang masih muda berbagai macam masalah kesehatan sangat rentan menjangkiti.Salah satunya adalah bagian sendiri yang sudah tak seaktif dulu sedikit saja gerakan salah maka berakibat buruk pada tulang mereka.

Pengapuran atau yang lebih dikenal dengan osteoporosis merupakan hal yang sangat umum dialami oleh manusia di usia senja apalagi oleh wanita.Keadaan ini dapat mengakibatkan jepitan yang terjadi pada syaraf belakang sehingga menimbulkan rasa yang sakit.

Sering menggunakan sepatu hak tinggi hal ini jika terus dilakukan ternyata berdampak buruk pada postur tubuh.Beberapa tekanan bisa terjadi pada ruas ruas tulang belakang dan menyebabkan rasa sakit.

Otot tegang kecelakaan pada saat melakukan olahraga karena kurang melakukan pemanasan sehingga otot tubuh menjadi tegang.


Salah gerak saat kita terlalu lama dalam posisi yang sama kemudian dengan tiba-tiba melakukan gerakan yang keras.Automatis bagian tubuh seperti pinggang belum sempat untuk meresponnya sehingga memicu rasa sakit.

Penggunaan alas tidur yang tak rata khususnya jika memiliki kebiasaan menggunakan bantal pada pinggang saat tidur.

Dan jika berlangsung secara terus menerus dapat menyebabkan postur tulang belakang berubah dan memicu rasa sakit.Jadi menilik dari penyebabnya tersebut sakit pinggang memang terlihat hanya dialami oleh orang-orang yang sudah tua saja namun pada kenyataannya anak-anak juga bisa terkena hal tersebut.Itu karena salah melakukan gerakan atau mungkin posisi sehari-hari seperti tidur dan juga duduk yang salah sehingga bagian syaraf belakang terjepit dan mengakibatkan rasa sakit.

Sakit pinggang juga bisa menjadi indikasi adanya penyakit yang lebih serius semisal osteoporosis atau penyakit ginjal.Maka dari itu sakit pinggang juga harus diwaspadai terutama penyebabnya.Dan berikut ini adalah:

Cara Pengobatan Sakit Encok atau Sakit Pinggang Secara Tradisional.

  • Air Puith.
Ini adalah cara pengobatan yang sangat simpel sekali asal diamalkan secara rutin Insya Allah Sakit Pinggang atau Penyakit Encok kita akan berkurang.Biasanya kalau saya pribadi mengamalkan minum Air Putih ini di waktu pagi dan ingin tidur malam minimal saya mengkonsumsi 2 gelas.

  • Temulawak.
Temulawak memang sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman obat berkhasiat.Salah satunya menyembuhkan sakit pinggang.Caranya mudah ambil 1 rimpang temulawak 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari dan 1 genggam daun kumis kucing.Semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air hingga mendidih lalu disaring.Airnya diminum satu kali sehari sebanyak satu gelas tiap kali minum.

  • Daun Landep.
Selain bisa digunakan untuk Meringankan sakit kepala daun landep ini ampuh juga mengatasi sakit pinggang dan rematik.Caranya ambil segenggam daun landep kemudian cuci dan digiling sampai halus.Tambahkan air kapur sirih secukupnya sambil diaduk merata sampai berbentuk seperti adonan.Lalu balurkan ramuan tersebut ke bagian pinggang yang sakit.

  • Daun sirsak.
Daun sirsak merupakan obat tradisional yang sedang hangat dibicarakan saat ini karena kemampuannya dalam mencegah kanker.Namun bukan hanya penyakit berat seperti kanker sakit pinggangpun bisa diobati dengan daun sirsak.Caranya ambil 20 lembar daun sirsak kemudian direbus dengan 5 gelas air hingga tinggal 3 gelas.Air rebusan daun sirsak tersebut diminum sekali sehari dengan dosis 3/4 gelas setiap kali minum.

  • Daun Kecubung.
Untuk mengobati sakit pinggang sediakan 4 lembar daun kecubung kemudian dihaluskan dengan kapur sirih secukupnya hingga terbentuk sebuah adonan.Nah adonan tersebut dioleskan pada pinggang yang sakit sebagai balsem.Ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit bisul dan luka memar.

  • Daun Pinang.
Jika buah pinang sering digunakan sebagai bahan makan sirih maka daunnya berkhasiat untuk mengatasi sakit pinggang.Caranya mudah ambil beberapa lembar daun pinang kemudian digiling atau dtumbuk hingga halus.Campur dengan minyak kelapa seperlunya panaskan sebentar diatas api sabil aduk rata.Ramuan tersebut digunakan untuk mengompres bagian pinggang yang sakit.

  • Biji Blustru.
Biji blustru secukupnya disangrai sampai hangus lalu giling sampai halus dan masukkan ke dalam stoples.Jika akan digunakan ambil sebanyak 10 gram lalu masukkan ke dalam 1/2 seloki air kelapa.Aduk merata lalu endapkan.Airnya diminum sekaligus sedangkan ampasnya dibubuhkan ke bagian pinggang yang sakit.

  • Halia.
Halia ini masih satu keluarga dengan jahe dan temulawak.Karena itu khasiatnya juga tidak perlu diragukan lagi.Ambil 4 atau 8 rimpang umbi halia sebesar ibu jari dan buah asam jawa yang sudah masak secukupnya.Umbi halia diparut dan campur dengan buah asam jawa kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.

  • Herba Sangitan.
Ambil 15-30 gram herba sangitan cuci bersih dan potong-potong kasar.Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas.Setelah dingin airnya disaring dan diminum.Bisa juga dioleskan pada pinggang yang sakit atau bengkak.

Demikianlah cara menangani sakit pada pinggang atau yang lebih dikenal dengan sakit encok moga saja bisa bermanfaat khusnya bagi yang sedang mengalami sakit pada pinggang apalgi bagi kita-kita yang hobby maen komputer atu laptop yang duduknya aja sudah berjam-jam.Terima kasih sudah singgah di blog saya sekaligus komentar pada artikel Cara Mengobati Penyakit Encok atau Sakit Pinggang.

Sumber: Google-Wikipedia.
Foto: Google.


Blog, Updated at: 5:57:00 PM

93 komentar:

  1. oh ternyata daun kecubung juga ada khasiatnya ya? kalo dulu si selalu di pergunakan orang dengan salah mas, seperti untuk memabukan hehehee ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Bang..hahaha..jadi Ingat masa nostalgia..hahaaa

      Delete
    2. wkwkwk jadi mas ini pernah mengkonsumsinya juga toh :D

      Delete
  2. Udah gak asing lagi deh sama daun sirsak yang banyak khasiatnya itu :-) kadang kalau lama ngeblog bisa sakit pinggang juga ya kang apalagi kalau jarang olahraga, tapi ya artikel ini nih yang bisa jadi pendoman untuk mengobatinya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bang Fendi...kalau saya tiap pagi HARUS lari dulu keliling komplek..hhee

      Delete
  3. wah saya sering sakit pinggang nih... soalnya kelamaan duduk. Semoga tips ini bisa membantu...

    ReplyDelete
  4. Daun sirsak juga ya, tapi kalau langsung diminum aduh pahit nya itu, kalau bentuknya kapsul mending sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya ada yang dibuat ektrak sekarang bang.

      Delete
  5. Daun sirsak juga ya, tapi kalau langsung diminum aduh pahit nya itu, kalau bentuknya kapsul mending sih

    ReplyDelete
  6. Faktor usia biasanya paling banyak kena encok atau sakit pinggang, dengan sedikit usaha dan kemampuan meracik tumbuh2an, penyakit yang cukup mengganggu ini bisa disembuhkan, mksh ilmunya mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul apalagi usia kaya kita ini yang sdh kepala 4..hahaa

      Delete
    2. enak saja usia saya kepala empat, lebih dikit tauu.. wkwkwk...

      Delete
  7. dari poin di atas menurut saya air putihlah paling paten manfaatnya serta mudah carinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air putih murah meriah tapi besar manfaatnya ya kan Kang.

      Delete
  8. wah artikelnya sangat membantu sekali bang dalam mengatasi masalah encok yang saya alami, kemaren main badminton eh pas loncat langsung encok.kalo saya pribadi sering manfaatin banyak-banyak minum air putih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kalau saya air putih sudah wajib kang..

      Delete
  9. kasih gambar juga mas daun nya seperti apa, biar saya ga cari di google lagi ..., hehehe...... :D

    ReplyDelete
  10. eh daun kecubung bisa buat incok ya. di saya ko di pakai buat terbang melayang keangkasa tanpa sadar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahha..ingat nostalgia zaman purba ya Kang..hahhaaa

      Delete
  11. eh mas gambarnya boleh saya comot ya. buat update status di bbm nih. hehehehe

    ReplyDelete
  12. Biasanya yang udah pada tahu suka encok,, makanya pas muda harus rajin - rajin olahraga biar pas tua badannya sehat dan bugar... heheh :D

    ReplyDelete
  13. Kalau saya mah suka minum air putih kang dan ternyata memang terbukti manjur mampu mencegah penyakit encok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Kang paling tidak mengurangi..hehhee

      Delete
    2. Sore mas..saya udh 2 hari sakit nyeri d kaki kiri sampe jongkok ssh..ini encok atau sakit apa y mas..dan gmn solusi pengobatanny mas..makasi

      Delete
  14. Saya mah kalo encok saya kasih minyak kayu putih. Biasanya sih sembuh. kalo gak sembuh berarti butuh tangan tukang pijet.

    ReplyDelete
  15. air putih pilihan utama, murah, mudah & praktis, makasih bang info sehatnya :D

    ReplyDelete
  16. memang sumber alam kita luar bisa, banyak menyediakan obat-obat tradisional yang manjur

    ReplyDelete
  17. Informasi yang sangat bermanfaat sekali, bisa dijadikan referensi bagi semua pembaca dan penderita sakit pinggang.

    Obat Sakit Pinggang

    ReplyDelete
  18. Thank you very much for sharing information that will be much helpful for making coursework my effective.

    ReplyDelete
  19. Penyakit blogger nih yang selalu duduk

    ReplyDelete
  20. Liyoskin cream pemutih wajah alami aman BPOMOctober 27, 2017 at 11:53 PM

    makasih artikel nya gan sangat bermanfaat sekalih

    ReplyDelete
  21. TERIMAKASIH INFO NYA GAN

    https://gayasehatqncjellygamat.blogspot.co.id/2017/10/obat-herbal-asam-urat-dari-ekstrak.html

    https://gayasehatqncjellygamat.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  22. Daftarkan Diri Anda Sekarang Juga Di www.bolacasino88.com Agen Judi Online Terpercaya Di Asia.

    Pelayanan Yang Professional Dan Ramah
    Di Jamin 100% Tidak Adanya BOT Dan ADMIN.

    - Minimal Deposit 20.000
    - Minimal Withdraw 50.000

    Dapatkan Hot Promo Kami Seperti :

    - Bonus Refferal Seumur Hidup
    - Bonus Sportsbook 100%
    - Cashback Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Deposit Games 10%
    - Cashback Games 5%
    - Bonus Komisi Casino 0,8%

    NB : Syarat Dan Ketentuan Berlaku

    Nikmati 7 Permainan Dalam 1 Web Seperti:

    - Sports
    - Live Casino
    - Togel
    - Poker
    - Slot Games
    - Nomor
    - Financial

    Untuk Informasi Lebih Lengkap Silahkan Hubungi Customer Service Kami :

    - Live Chat 24 Jam Online
    - No Tlp ( +855962671826 )
    - BBM ( 2BF2F87E )
    - Yahoo ( cs_bolacasino88 )
    - Skype ( bola casino88 )
    - Facebook ( bolacasino88 Official )


    Hotnews : https://prediksitogelgoyangasoi.blogspot.com/2017/11/paul-pogba-dan-zlatan-ibrahimovic-pulih.html

    ReplyDelete
  23. http://seoblogger-google.blogspot.com/2016/09/cara-mengobati-penyakit-encok-atau.html

    ReplyDelete
  24. Terimakasih atas informasinya gan.kunjungi juga blognya kami http://gamatori.com/

    ReplyDelete
  25. http://www.khasiatwalatrasehatsendi.web.id

    ReplyDelete
  26. YUK !!!!! buruan gabung dan menang kan total hadiah ratusan juta rupiah setiap hari nya hanya di s1288poker agent poker terpecaya .... cuma di sini tempat nya kamu bisa menunjukan kehebatan kamu dalam bermain poker yukkkk daftar kan diri anda sekarang juga
    terdapat 6 game dalam 1 user id anda loh.... (PIN BBM: 7AC8D76B)

    ReplyDelete
  27. Wah ini baru info pengobatan encok yang sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  28. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete
  29. Ayo Bermain Bersama Kami Hanya Di www.LigaBintangbet.net :

    - Bonus Deposit 10% (max 100 rb) Minimal TO 3x
    - Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup Di Permainan Sportbook
    - Bonus Rollingan Casino 0.8%
    - Bonus Rollingan Mingguan Sportbook Refferal 0,1%

    Event Point JP Parlay Berhadiah LIGABINTANG Bossku.
    Berlaku Dari 25 Oktober - 25 November 2019
    Info Lengkap

    WA : 082229457557
    IG : CS2_LigaBintang
    Line : LigaBintangNet

    ReplyDelete
  30. ayo bermain di idn poker situs judi online yang menjadi kepercayaan banyak pemain di indonesia karena bisa mendaptkan banyak keuntungan yang bisa di dapat dengan mudah setiap hari dan anda juga bisa minimal deposit 10 ribu rupiah di bank lokal yang ada di indonesia seperti Bank BNI, Bank BCA, Bank BRI, dan Bank Mandiri untuk mempermudah anda berdeposit setiap harinya, ayo klik link di bawah ini untuk bermain judi online di idn poker.
    https://www.otomachines.com/forums/users/situspoker/

    ReplyDelete
  31. idn poker situs judi poker online yang sudah berkerja sama dengan berbagai macam bank lokal seperti BCA, BNI, BRI, dan Mandiri untuk mempermudah para pemain transaksi deposit setiap hari, hanya dengan deposit 10 ribu rupiah anda sudah bisa mendapatkan berbagai macam keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan mudah, ayo klik link di bawah ini untuk bermain di idn poker.
    https://togetherwepass.edu.za/forums/user/situspokeronline/

    ReplyDelete
  32. Nikmati Promo Bonus 100% Judi CASINO Online Di situs Agen Bolavita sekarang juga !

    Menyediakan Minimal Deposit & Withdraw yang relatif murah... Hanya Rp 50.000,- Menjamin keamanan dan kenyamanan anda bermain !

    Proses transaksi penarikan dana dan deposit tidak sampai 5 menit ! Mengutamakan kenyamanan dan keamanan para member !

    Menyediakan transaksi yang cukup lengkap, seperti Ovo, Gopay, Linkaja, Dana, Pulsa dan Semua Jenis rekening Yang ada di Indonesia.

    Selain Menyediakan Casino Live, Juga menyediakan permainan lainnya yang lengkap dan populer !

    Untuk Informasi selengkapnya, Jangan Sungkan Hubungi Kontak Cs kami yang online 24 Jam dibawah ini :

    » Nomor WhatsApp : +62812-2222-995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  33. WAH KEREN BANGET ARTIKEL NYA. TERIMA KASIH INFORMASINYA KAK
    Kunjungi juga blog kami yaa
    https://menangbanyak88.blogspot.com/

    Daftar IDN Poker
    Agen Togel Deposit Ovo
    Bandar Ceme
    DominoQQ
    Agen Poker Depsoit Ovo
    Bandar Ceme
    DominoQQ

    ReplyDelete
  34. Ini sangat membantu sekali artikel nya, saya harap anda terus menulis artikel yang bagus seperti ini apalagi membahas tentang gula darah berlebih dalam tubuh.
    Selain itu saya juga mau kasih tambahan sedikit, apabila didukung dengan gambar gambar maka akan lebih detail lagi pembahasan artikel ini.

    ReplyDelete
  35. PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 20.000
    * Minimal Withdraw : 20.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support lebih banyak bank LOKAL tersedia deposit via OVO dan PULSA TELKOMSEL serta XL


    Contact Us

    Website : SahabatQQ
    WA 1 : +85515769793
    WA 2 : +855972076840
    LINE : SAHABATQQ
    FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
    TWITTER : SahabatQQ
    Blog : Artikel SahabatQQ
    Daftar SahabatQQ

    ReplyDelete
  36. Promo Spesial Bonus 100% Judi Online Di Indonesia *Khusus Disitus Agen Bolavita !

    Menyediakan Berbagai permainan yang lengkap dan terjamin keamannnya.

    Tersedia Promo Bonus Yang dapat anda klaim langsung :
    » Bonus Deposit Pertama New Member 10%
    » Bonus Deposit Harian 5%
    » Bonus Cashback 5% – 10%
    » Bonus Rollingan 0.5% + 0.7%
    » Bonus Referral 7% + 2% Seumur Hidup

    Bonus Spesial ( Dapat di Klaim Setiap Hari )
    » Bonus 100% ( Taruhan Win Beruntun )

    Dapat bertransaksi Deposit & Withdraw Yang Lengkap, Seperti :
    - Transfer Bank ( Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia )
    - Ovo
    - Gopay
    - Dana
    - Linkaja
    - Pulsa
    - Sakuku

    Daftar Bolavita
    KOntak Bolavita
    » Nomor WhatsApp : +62 812-2222-995
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita
    » ID Telegram : @bolavitacc

    ReplyDelete




  37. Artikel Cara Menang Judi Online

    Daftar Dan Claim Bonusnya Sekarang Juga!!

    BANDAR TOGEL
    JUDI SLOT
    LIVE CASINO
    BOLA TANGKAS
    SPORTBOOK



















    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. Numpang Izin Promo Bossku ^_^

    AYOK SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA DI KARTUVIPQQ SITUS POKER ONLINE TERBAIK DAN TERBESAR DI SELURUH INDONESIA
    KARTUVIPQQ||Agen Poker Online ||Agen Domino99 Online ||Agen BandarQ Online ||Agen Bandar Poker ll Agen Bandar 66 ll Terbaik di INDONESIA

    Keuntungan Dari KARTUVIPQQ Dengan Satu USER ID untuk 9 Game.....

    Permainan antara lain :
    *ADU Q
    *POKER
    *DOMINO
    *CAPSA SUSUN
    *BANDAR Q
    *BANDAR POKER
    *BANDAR SAKONG
    *BANDAR 66
    *PERANG BACCARAT

    - Bonus Referral 20%
    - Bonus Rollingan 0.5% setiap hari SENIN kami akan memberikan

    Pengisian Chip KARTUVIPQQ:
    Untuk Minimal Deposit :: Rp.15.000
    Untuk Minimal Withdraw :: Rp. 20.000

    Promo Tersebut hanya di KARTUVIPQQ Bergabunglah di KARTUVIPQQ dan daftarkan diri anda bersama kami segera,
    Hanya di KARTUVIPQQ yang mempunyai BONUS Terbanyak di INDONESIA

    Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi CS kami yang ramah dan siap 24 jam melayani anda :
    LINE : kartuvipqq
    WHATSAPP : +85510791654
    Wechat : kartuvipqq

    ReplyDelete
  40. Blog yang sangat bagus, terima kasih sudah berbagi semoga sukses selalu nya...
    https://www.gaplepoker77.com/
    https://www.joyspadepoker.biz/
    https://www.kiukiupoker.net/
    https://pokertexasboya.net/
    https://clubpoker88.com/
    https://domino338.biz
    https://www.agensbobet.org/

    ReplyDelete
  41. infonya sangat bermanfaat. cek kesehatan dan berkonsultasi dengan paket medical check up murah untuk mengetahui kondisi kesehatan anda.

    ReplyDelete
  42. perkenalkan min, kami kusen aluminium. artikelnya membantu sekali ya bisa menjadi cara alternatif untuk mengobati encok dirumah.

    ReplyDelete
  43. Thank you for your blog.Really thank you! Really Cool. thank you for sharing information

    ReplyDelete
  44. Say, you got a nice article post.Thanks Again. Really Cool. thank you for sharing information

    ReplyDelete
  45. Great article with excellent idea!Thank you for such a valuable article. I really appreciate for this great Judi Slot Online information..

    ReplyDelete
  46. Your post is very great.i read this post this is a very helpful. i will definitely go ahead and take advantage of this. You absolutely have wonderful stories.Cheers for sharing with us your blog. digtal marketing training in noida

    ReplyDelete
  47. DuetQQ merupakan agen judi online menjanjikan permainan paling fair play 100% player vs player.Dapatkan Bonus Cashback 0.4% & Bonus Refferal 20% Di Situs Poker Online Terpopuler Terpercaya DuetQQ.
    Info >> http://bugr.ru/bitrix/rk.php?goto=http://185.196.36.39

    ReplyDelete
  48. Kumpulan Situs Judi BandarQ Online Terbaik, Terbesar, Terpercaya & Terpopuler Di Indonesia || http://bugr.ru/bitrix/rk.php?goto=http://94.46.120.102

    ReplyDelete
  49. PartaiQQ adalah situs Judi Poker Online Indonesia Terbaik
    Promo situs PartaiQQ : Bonus Cashback 0.3% Setiap Senin -Bonus Referal 20% Seumur Hidup Minimal Deposit dan Withdraw Rp. 15.000,-

    Info >> http://bugr.ru/bitrix/rk.php?goto=http://partaiqq.link

    ReplyDelete
  50. ketika anda bermain dalam link http://188.114.230.41 dipastikan anda sudah bergabung dalam server pkv games dimana bisa menguntungkan anda ketika bermain.

    ReplyDelete
  51. Slot agent JOKER123 is a web provider of online games such as live casino, slots, and also fish games from joker123 which are very fun and very exciting to be played by anyone who likes Agent games Joker Slot Gaming is free.

    ReplyDelete
  52. Daftar Situs Judi Online Terbaik Dan Terpercaya warkop66

    ReplyDelete

SEO Reports for seoblogger-google.blogspot.com Website Monitoring - InternetSupervision.com
seo checker

Artikel Seo Friendly